Souvenir Pernikahan

DAFTAR IKLAN ADWORDS

DAFTAR IKLAN ADWORDS

Kerajinan Kaligrafi Kuningan

Kerajinan Kaligrafi Kuningan

Kerajinan kaligrafi kuningan kini telah mendunia. Kerajinan yang memadukan nilai estetika sebuah tulisan Arab indah pada sebuah bidang datar. Media yang digunakan untuk membuat kaligrafi sekarang pun beragam seperti kanvas, kayu, aluminium dan juga kulit binatang. Kerajinan kaligrafi kuningan ini menjadi salah satu jenis kaligrafi yang paling digemari oleh konsumen. Meskipun kerajinan kaligrafi kuningan begitu populer, namun kaligrafi berbahan lain pun juga memiliki peminat yang tidak sedikit.

Kerajinan Kaligrafi Kuningan
Kerajinan Kaligrafi Kuningan
Memahami Pengertian Kaligrafi Secara Bijak
Kaligrafi merupakan istilah yang diambil dari bahasa latin yang berarti tulisan yang indah atau suatu aksara yang telah diberikan unsur keindahan. Dalam bahasa arab sendiri kaligrafi sering disebut dengan istilah khat. Kaligrafi sendiri merupakan salah satu seni dalam islam yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Jenis bahannya pun juga bervariasi, termasuk kerajinan kaligrafi kuningan. Di mana kerajinan kaligrafi ini memanfaatkan bahan kuningan.

Kerajinan kaligrafi kuningan ini merupakan seni islam tertinggi yang kerap menghiasi tempat-tempat pribadi ataupun tempat umum yang berhubungan dengan agama islam. Misalkan, pondok, masjid, maupun sekolah-sekolah islam. Selain itu, juga banyak rumah-rumah yang memajang kerajinan kaligrafi kuningan atau kaligrafi berbahan lain pada dinding untuk menambah nilai estetik ruangan.

Beragam Fungsi Kaligrafi dalam Kehidupan Sehari-Hari
Kerajinan kaligrafi kuningan ini sudah merajai hingga ke penjuru dunia khususnya negara-negara islam. Kaligrafi tersebut tidak hanya ada pada tempat-tempat tertentu seperti masjid atau mushola. Melainkan di ruangan rumah juga dapat dipajang kaligrafi kuningan. Ukiran kaligrafi juga beragam tulisan, bisa berupa tulisan Allah, Muhammad, bismillah, ayat kursi, asmaul husna, dsb. Semua dapat Anda pesan pada para pengrajin kaligrafi kuningan.

Pada kenyataannya kaligrafi memiliki berbagai fungsi yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa fungsi kesenian kaligrafi kuningan bagi pembuat kaligrafi maupun penikmatnya.

Pada kenyataannya kaligrafi memiliki berbagai fungsi yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa fungsi kesenian kaligrafi kuningan bagi pembuat kaligrafi maupun penikmatnya.

1. Kaligrafi sebagai sarana komunikasi
Kaligrafi sebagai sarana komunikasi antara manusia khususnya si kaligrafer dengan penerima atau penikmat kaligrafi tersebut. Sebab melalui tulisan seseorang dapat menuangkan ide dan pemikirannya tidak terkecuali dalam kerajinan kaligrafi kuningan. Dari kerajinan tersebut akan tampak pula bagaimana karakter orang, ulet, rajin, sabar, serta tekun.

2. Kaligrafi sebagai media ekspresi
Kaligrafi juga merupakan salah satu media ekspresi bagi kaligrafer untuk menuangkan ide kreatifnya atas seni khususnya seni menulis indah.

3. Kaligrafi memberikan efek ketenangan
Kaligrafi akan memberikan efek ketenangan kepada si pembuat atau kaligrafer. Karena ketenangan dan kenyamanan inilah mereka mampu menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk menekuni pembuatan kaligrafi. Selain itu, manfaat lahir dan batin akan dirasakan oleh kaligrafer dalam menekuni penulisan huruf-huruf arab ini. Selain memberikan sajian berupa tulisan yang indah dan makna yang begitu mendalam. Kaligrafi juga dapat menjadi sarana komunikasi dengan Sang Pencipta. Pada akhirnya kerajinan kaligrafi kuningan maupun aluminium yang ditekuni tersebut dapat membuat umat muslim tersebut kian dekat dengan Allah.

4. Kaligrafi sebagai apresiator
Kaligrafi juga mampu memberikan kenikmatan bagi yang memandangnya sebab adanya unsur estetis pada tiap goresan huruf dan harokatnya. Bahkan para penikmat kalangan tertentu, karajinan kaligrafi kuningan bisa menjadi penghias di ruangan-ruangan di manapun mereka menarik untuk dinikmati.

Berbagai fungsi kaligrafi yang telah dijabarkan di atas tentu menggugah keinginan Anda untuk memiliki beragam kaligrafi di rumah. Bagi anda yang menyukai seni kerajinan kaligrafi kuningan bisa melakukan pemesanan pada pengrajin kaligrafi kuningan di jalan Raya Cilangkap Damai 4 rt 03/06 no. 17, Jakarta Timur.
 

7 Responses to "Kerajinan Kaligrafi Kuningan"